Penguatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak

by: Kementerian Kesehatan RI     Published on: 17 October 2019

Views: 205

8    0   

Fast Download

Description :

Kementerian Kesehatan memberikan apresiasi kepada Japan International Cooperation Agency atau JICA atas dukungan berkelanjutan terkait pengembangan, implementasi, dan peningkatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak atau KIA di Indonesia dan kepada Pemerintah Sulawesi Utara yang menjadi tuan rumah tahun ini.
Arah pembangunan kesehatan pada RPJMN 2020 – 2024 yaitu meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta untuk mewujudkan prioritas pembangunan kesehatan
Dalam pembangunan kesehatan, peran Buku KIA dalam mendukung implementasi fokus Program Indonesia Sehat sangatlah strategis terutama dalam memastikan kesinambungan pelayanan yang diterima oleh ibu dan anak.
Selain sebagai media pencatatan kesehatan ibu dan anak Buku KIA juga berperan sebagai media informasi cara memelihara dan merawat kesehatan ibu dan anak.
Dengan penerapan buku KIA, Indonesia berhasil mengintegrasikan layanan KIE, konseling dan pencatatan kesehatan.
Buku KIA dapat digunakan di seluruh tempat pelayanan: di 288.825 Posyandu, 9.993 Puskesmas dan 2.858 Rumah Sakit.
Sekjen berharap kesempatan ini dapat memotivasi pemerintah daerah untuk membuat implementasi yang lebih baik dari Buku KIA untuk mencapai kualitas layanan KIA yang terbaik di Indonesia.